Tips cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami

Cara menurunkan kolesterol - Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang serius namun sering dianggap remeh oleh banyak orang. Banyak dampak dan pengaruh kolesterol tinggi yang berakibat tidak baik bagi tubuh. Bahkan kolesterol jahat juga dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, seperti halnya stroke dan serangan jantung.


Masalah kesehatan ini dapat diobati dengan mengubah gaya hidup dan pola makan, bahkan kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikan kadar kolesterol. Berikut ini adalah ulasan singkat yang berisi tips dan cara menurunkan kolesterol secara alami dan mudah yang bisa anda lakukan secara rutin setiap hari.

Bahan alami untuk menurunkan kolesterol

Menurunkan Kolesterol Dengan Kubis
Kubis atau yang biasa juga disebut kol adalah jenis sayuran yang mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Selain itu kubis juga memiliki kandungan senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.
Bahan: 1 buah kubis segar
Cara Pemakaian: Cuci kubis hingga bersih, lalu bilas dengan air matang. Potong-potong seperlunya, lalu dijus. Air sari kubis diminum sekaligus, lakukan setiap hari.

Menurunkan Kolesterol Dengan Belimbing manis
Kadungan serat tinggi yang terdapat pada belimbing dapat mencegah penyerapan lemak, sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga dapat memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker.
Bahan: 2 buah belimbing manis ukuran besar
Cara Pemakaian: Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah.

Menurunkan Kolesterol Dengan Bawang putih
Bawang putih mengandung bahan aktifnya s-allyl cysteine, serta suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.
Bahan: 1-2 siung bawang putih
Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

Menurunkan Kolesterol Dengan Alpukat
Pada alpukat dapat ditemukan kandungan asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.
Bahan:  1 buah alpukat matang
Cara Pemakaian: Buah alpukat dimakan mentah. Lakukan setiap hari.

Gaha hidup sehat agar kadar kolesterol terjaga

Menurunkan berat badan berlebih
Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menurunkan berat badan. Obesitas adalah salah satu alasan di balik tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Berat badan berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Berhenti merokok segera
Jika Anda menderita tekanan darah atau memiliki kadar trigliserida yang tinggi, berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Rajin Olahraga
Olahraga setiap hari dapat mengurangi kolesterol jahat, trigliserida dan tekanan darah. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan berat badan.

Check up rutin
Ini adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cek up rutin dapat memberi Anda gambaran tentang berapa rata-rata kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Makan makanan rendah kalori
Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, misalnya, beras merah, ikan sarden, pistachio, gandum, apel dan lain-lain.

Minum teh hijau
Ini adalah salah satu cara alami untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Teh hijau dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menyeimbangkan kadar kolesterol yang tinggi.

artikel terkait :
tips cara berhenti merokok secara efektif
tips cara merawat gigi berlubang dan keropos
tips cara meningkatkan kualitas kesehatan

Post a Comment